Kamis, 29 September 2011

tugas ke 2 kewirausahaan

1. Bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan laba.
2. Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan.
Jenis lingkungan bisnis adalah :
o Lingkungan sosial : meliputi demografi dan preferensi pelanggan, mencerminkan tendensi sosial terhadap mana suatu bisnis terekspos.
o Lingkungan industri : mencerminkan konsisi di dalam industri perusahaan terhadap mana perusahaan terekspos.
o Lingkungan ekonomi : meliputi aktivitas perekonomian suatu bisnis.
o Lingkungan global :
3. Pengaruh lingkungan bisnis terhadap perusahaan adalah mengantisipasi perubahan dalam permintaan akan produk sebagai respons terhadap perubahan dalam preferensi pelanggan, menilai tingkat persaingan, dan mempengaruhi ekonomi global.
4. Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan dan pengarahan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5. Organisasi adalah sebuah unit sosial yang dikoordinasi secara sadar, terdiri atas dua orang atau lebih dan berfungsi dalam suatu dasar yang relatif terus menerus satu atau serangkaian tujuan bersama.
6. Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan nilai pelanggan yang unggul.
Dalam definisi diatas, maka yang perlu diperhatikan adalah:
• pemasar dan pasar
• kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands)
• produk yang bisa merupakan barang (goods) atau jasa (services)
• pertukarn dan transaksi
• hubungan dan jaringan
Beberapa filosofi atau falsafah pemasaran yaitu:
• Production Concept, upaya perusahaan membuat produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan biaya efisien.
• Product Concept, upaya perusahaan meningkatkan nilai kualitas mutu yang terjamin.
• Selling Concept, konsep penjualan lebih ditekankan pada promosi.
• Marketing Concept, cenderung lebih mengutamakan kepuasan konsumen.
• Societal Marketing Concept, tanggung jawab sosial.
7. manajemen operasi adalah suatu proses untuk menghasilkan barang dan jasa melalui perubahan dari input menjadi output.
8. manajemen sumber daya manusia adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi, dan masyarakat.
9. manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, dan penyimpanan dana yang dimiliki organisasi atau perusahaan.
Manajemen keungan atau dalam literatur lain disebut pembelanjaan adalah sebagai aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola assets sesuai tujuan perusahaan secara menyeluruh (Martono & Agus Sardjito, 2004).
(Pengantar Bisnis; Irma Nilasari & Sri Wiludjeng; 2006; Hal 145)
10. tugas seorang manajer adalah :
• Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
• Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
• Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
11. Lingkungan global adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis global untuk menjual barang dan jasa guna mencapai tujuan perusahaan. Bisnis global adalah kegiatan atau aktivitas pemenuhan kebutuhan dengan membeli dan menjual barang dan jasa dari atau ke negara yang berbeda. Aktivitas bisnis global tersebut perlu adanya proses manajemen. Manajemen global adalah manajemen bagi organisasi yang melaksanakan bisnis di lebih dari satu negara. Perusahaan yang melakukan bisnis secara global bukan lagi merupakan hal yang baru, karena sudah sejak lama banyak perusahaan-perusahaan yang menjual produknya ke negara lain. (Pengantar Bisnis; Irma Nilasari & Sri Wiludjeng; 2006; Hal 40)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar